Pena Redaksi Semangat 2019

 LAPORAN UTAMA

Salam hangat bagi para pembaca sekalian dari segenap redaksi Pewara Dinamika. Selepas Desember undur diri, Januari menyambut dengan segudang agenda yang tak pernah jauh dari soal persiapan pencapaian prestasi. Penilikan progres tahun lalu menjadi mula, yang kemudian diteruskan berbekal embusan semangat tahun baru pada 2019.

Persiapan UNY dalam beralih level menjadi PTNBH menjadi kunci dalam edisi ini. Bagaimana UNY mematangkan diri menjadi universitas mandiri dari segi manajerial akademik, keuangan, maupun sumber daya manusia. Tepat sedekade menjadi institusi pemerintah berstatus Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU), membuat naik peringkat sebagai PTNBH menjadi keinginan wajar. Persiapannya sudah digodok sejak tahun 2015, membuahkan akreditasi institusi A bagi UNY dan dalam perjalanannya berhasil membuat 70% program studi terakreditasi A pula. Hal ini ditambah dengan bertenggernya UNY pada posisi 11 di klasterisasi perguruan tinggi non vokasional versi Kemenristekdikti 2018 lalu, serta masuknya nama Kampus Karangmalang di deretan 500 besar universitas top di Asia.

Naiknya sitasi artikel ilmiah berindeks scopus khusus dosen juga semakin menambah semangat UNY dalam menggenjot prestasi. Meski angkanya masih berada dalam kisaran 3000 artikel scopus secara nasional, angin positif ini tetap disambut baik serta menjadi pemicu lain untuk terus berbenah dalam menggaet status PTNBH. Alasannya, universitas nantinya akan lebih mandiri dan lebih mampu menyesuaikan kebutuhan manajerial institusi dengan otonomi independen dengan status baru tersebut. Pergerakan akademik jadi lebih luwes, serta fleksibilitas dalam membangun institusi juga lebih nyata.

Seintens apapun persiapan UNY dalam membenahi diri demi memintal asa baru, kami tidak berhenti untuk mengupas perihal PTNBH saja. Kami juga tetap menghadirkan rubrik-rubrik lain, yang menyelingi warta bagi para pembaca budiman. Persembahan rubrik Resensi dan Bina Rohani dari kami diharapkan mampu menjadi angin segar intelektual Anda sekalian; rubrik Cerpen, Puisi dan Pojok Gelitik mampu menjadi kawan yang menyuguhkan hiburan artistik untuk turut mendorong sisi apresiatif pembaca; sementara Lensa diharap mampu menggambarkan cuplikan kegiatan unggulan UNY dalam sebulan terakhir.

Akhir kata, selamat membaca, selamat menyelami asa baru UNY dan bersama memintal mimpi lewat kerjasama sekaligus komitmen tinggi segenap civitas akademika. Semoga suguhan kami mampu meniupkan spirit berkreasi dan berinovasi bagi para pembaca sekalian. Tabik.

No Responses

Leave a Reply