Merayakan Kebudayaan Yogyakarta

 LAPORAN UTAMA

Balon Pendapat

Merayakan Kebudayaan Yogyakarta

 

Kamis pagi (05/09), para tokoh Yogyakarta berkumpul di Auditorium UNY, bersama-sama hadir dalam penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa pada Sri Sultan Hamengkubuwono X. Kehadiran mereka sekaligus menjadi momen untuk merayakan dan meneguhkan komitmen memajukan kebudayaan Yogyakarta.

 

Kepada Pewara Dinamika, para tokoh tersebut membagikan pandangan sekaligus pesan-pesannya dalam memaknai penganugerahan gelar tersebut. Berikut petikannya.

 

GKR Hemas

Istri Sri Sultan Hamengkubuwono X/Anggota DPD RI

 

Keluarga merasa bersyukur atas pemberian penghargaan yang diberikan kepada Sultan. Beliau juga selalu menempa saya, menempa kami semua (keluarga) untuk menjaga bagaimana disiplin, menjaga sikap, dan harus bertoleransi sesama. Itu yang selalu beliau tekankan. Pendidikan Karakter beliau upayakan untuk diterapkan di Yogyakarta secara keseluruhan dan semoga bermanfaat.

 

GKR Mangkubumi

Putri PertamaSri Sultan Hamengkubuwono X

 

Sebagai Putri Dalem, kami berempat (bersama GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu, dan GKR Bendoro yang seluruhnya hadir dalam acara tersebut) ikut berbahagia atas penganugerahan Doktor Honoris Causa. Kami sepakat bahwa Pendidikan Karakter itu perlu untuk pembangunan Yogyakarta.

 

KGPAA Paku Alam X

Wakil Gubernur DIY

 

Kami mengucapkan selamat atas anugerah gelar DHC di bidang Pendidikan Karakter berbasis Budaya. Semoga dapat menjadi tauladan dan semakin memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD

Ketua Parampara Praja

 

Masyarakat Indonesia atau orang yang mengenal beliau pasti tidak meragukan kapasitas beliau untuk dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa karena peran beliau dalam masyarakat, pemerintahan, politik, dan juga di bidang pendidikan di DIY ini sangat signifikan. Oleh sebab itu, kami mengucapkan selamat kepada Sri Sultan HB X dan juga kepada UNY yang telah memberikan anugerah ini. Mudah-mudahan beliau terus mendampingi rakyat membangun kemajuan untuk bangsa dan negara.

 

Ir. Gatot Saptadi

Sekretaris Daerah DIY

 

Bagi birokrasi di pemerintahan DIY, penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Ngarsa Dalemmerupakan kebanggaan tersendiri. Karena orang tua kami mendapatkan gelar yang cukup prestisius, dan menandakan konsistensi beliau sebagai Raja Ngayogyakarta yang terus menerus menguatkan budaya sebagai induk dari kehidupan di masyarakat Yogyakarta. Ini juga merupakan implementasi nyata dari komitmen pemerintah dan rakyat melalui Perda Nomor 5 Tahun 2011 tentang pengelolaan dan pengaturan pendidikan berbasis budaya.

 

Irjen Pol Ahmad Dofiri, M.Si.

Kapolda DIY

 

Selamat dan sukses kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X atas penganugerahan Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Yogyakarta. Ngarso Dalem adalah sosok yang senantiasa mengedepankan nilai-nilai budaya sebagai lokus kejogjaan. Adanya nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya yang diterapkan Ngarso Dalemdapat turut menjaga karakter bangsa agar tetap terawat baik, aman, damai, dan tentram.

 

 

No Responses

Leave a Reply