Masa liburan akhir semester genap belum usai

 LAPORAN UTAMA

Pena Redaksi Juli

Selamat berjumpa kembali pembaca Pewara Dinamika yang budiman. Meskipun masa liburan akhir semester genap belum usai, tidak kunjung menyurutkan semangat kami untuk hadir menyapa pembaca sekalian. Adalah sebuah kehormatan dapat kembali memberikan ragam rangkuman berita dan informasi seputar Kampus Karangmalang setiap bulannya. Dari meja redaksi, Pewara Dinamika melaporkan.

Wajah baru banyak menghiasi lembaran bulan Juli. Dimulai dari nama-nama teranyar di jajaran dekan fakultas hingga dilantiknya pejabat baru atas nama organisasi tata kerja (OTK) kampus. Penyegaran ini menjawab tuntutan zaman yang makin menginginkan pelayanan penuh kerja keras dan sigap mengikuti pergerakan zaman khususnya di era serba digital.

Modifikasi OTK yang berlaku membatasi organisasi universitas suoaya lebih ramping dengan melibatkan personel dan bagian-bagian birokrasi secukupnya. Misalnya, memaksimalkan gabungan Unit Layanan Terpadu yang secara institurional mengalokasikan jasa satu pintu bersistem online.

OTK baru UNY berhasil mencatatkan diri pada Peraturan Menteri Nomor 2 di tahun 2019 setelah perjuangan Tim 15 dan Tim 7  dari penghujung 2015. Berkat keputusan ini, UNY makin mantap melangkah dengan panduan baru yang sangat jelas dari negara perihal apa yang harus dikerjakan, siapa penanggungjawabnya, dan bagaimana menjalankan organisasi di UNY.

Keberhasilan rumusan OTK baru adalah sebuah pencapaian yang mendapat sambutan hangat sebagai tema Pewara Dinamika edisi Juli. Pengangkatan pokok pikiran ini turut mendukung imbauan Rektor UNY, Sutrisna Wibawa supaya hasil OTK, khususnya para pejabat baru segera membangun komunikasi dan kedekatan kepada seluruh civitas kampus .

Kami mengawali perjalanan di bulan Juli dari pengenalan OTK UNY beserta prosesnya mencapai kebaruan. Kami hidangkan pula berbagai perubahan susunan bagian birokrasi lama dan wajah dekan baru setiap fakultas yang siap dengan semangat melayani. Untuk pelengkap, hadir LPPMP dan Pusat Bahasa sebagai implementasi OTK yang menjamin mutu dan pendidikan di UNY. Tentunya juga kami siapkan rubrik lain berisi ragam informasi yang tidak kalah menarik untuk disimak, seperti Pujiwiyana, sosok di balik prestasi Paduan Suara Swarawadhana UNY yang mendunia.

Akhir kata, Redaksi Pewara Dinamika mengucapkan selamat menyambut kedatangan OTK baru di tengah-tengah keluarga kampus UNY. Semoga kebijakan yang diturunkan dapat menumbuhkan semangat kerja yang bermuara pada kemajuan dunia pendidikan.

Salam.

 

 

 

Pena Redaksi Agustus

Pintu gerbang UNY kembali terbuka lebar untuk menyambut mahasiswa baru angkatan 2019. Mereka merupakan simbol Indonesia mini yang datang sekaligus membawa nama baik daerah masing-masing. Setelah mengarungi rangkaian seleksi ketat, mereka dipastikan siap mengukir prestasi di UNY.

Ruang Pewara Dinamika edisi Agustus dipenuhi pekik juang mahasiswa baru selama PKKMB. Lewat Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru, ekosistem UNY diilustrasikan. Selain beroleh anggota keluarga baru, pada kesempatan ini hadir pula tamu istimewa penggerak pemuda Indonesia: Rudiantara dan Agum Gumelar. UNY sebagai salah satu institusi pendidikan menghadirkan para ahli supaya mahasiswa dapat memetik ilmu, langsung dari pokoknya.

Berbagai tantangan dunia pendidikan tinggi diuraikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara. Untuk menjawabnya, mahasiswa baru ditatantang untuk adaptif terhadap perubahan sekaligus berubah supaya dapat beradaptasi. Peralihan zaman berlangsung begitu cepat. Kampus juga harus demikian.

Lembar demi lembar Liputan Utama semakin bermakna dengan ajakan Agum Gumelar menggemakan lagu “Berkibarlah Bendera Negeriku”. Mahasiswa afirmasi dari daerah terluar ditarik bersenandung bersama di depan mimbar. Sambil bergandengan erat, seluruh elemen menyorakkan semangat Persatuan Indonesia. Bukan hanya tentang talenta akademik, mahasiswa baru mampu mengembangkan keterampilan lain yang sebelumnya juga telah diperkenalkan pada Pembinaan Soft Skill.

UNY adalah kampus inklusif yang terbukti toleran bagi para pemuda bibit unggul bangsa. Demikian pengakuan Patricia dan Lala pada halaman Sosok. Duet maut ibu-anak tersebut sempat menggemparkan dunia Ristekdikti dan Pendidikan Luar Biasa atas hasil belajarnya di UNY. Pun beragam prestasi mahasiswa tersaji dalam Pewara Dinamika edisi Agustus. Semoga dapat menjadi cambukan supaya mahasiswa termotivasi menggali ilmu dan pengalaman selama mengenyam pendidikan di bangku UNY.

Kami turut menghidangkan rubrik-rubrik lain yang dapat membawa pembaca bernostalgia pada masa-masa OSPEK atau kini dikenal dengan nama PKKMB. Masih dalam kemeriahan sambutan awal tahun ajaran, Redaksi Pewara Dinamika mengucapkan: Selamat datang, Mahasiswa Baru Universitas Negeri Yogyakarta!

 

No Responses

Leave a Reply