Lanjutkan Merintis World Class University!

 LAPORAN UTAMA

Rektor Menyapa

Desember 2019

 

Lanjutkan Merintis World Class University!

 

UNY punya rencana lima tahunan berjuluk Rencana Strategis (Renstra) Universitas. Mengakhiri tahun 2019 berarti mengakhiri rencana lima tahunan yang sudah dimulai pada tahun 2015. Tuntasnya rencana strategis 2015-2019 juga menandai 55 tahun pengabdian Universitas Negeri Yogyakarta yang patut kita syukuri. Karena sejak 55 tahun yang lalu itu pula, mulai menghadirkan kontribusinya untuk negeri. Utamanya di bidang pendidikan.

 

Kedepan, kita akan memulai babak baru terhitung 1 Januari 2020. Visi yang dibawa UNY tak berubah. “. 55 tahun berlalu, tapi semangat kita tak boleh luput sedikitpun untuk melaksanakan amanah yang telah diberikan bangsa ini kepada UNY. Yang tercantum dalam statuta sebagai universitas dengan mandat sebagai LPTK, serta tercantum dalam visinya untuk menjadi “Universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan pada tahun 2025”.

 

Melalui visi tersebut, UNY senantiasa berkomitmen untuk mengantarkan universitas tercinta ini dalam prestasi-prestasi di bidang kependidikan. Sampai usianya yang ke-55, UNY telah menorehkan prestasi dan capaian yang sangat membanggakan dengan menjadi universtias yang semakin diperhitungkan di Indonesia dan di Luar Negeri. Tahun 2018 (17 Agustus 2018), dan UNY menjadi universitas Cluster 1, menduduki peringkat 11 di antara lebih 4000 lebih Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

 

Modal Pendidikan

 

Capaian ini juga merupakan modal yang sangat berarti bagi UNY untuk menapak di masa depan. Segenap civitas akademika UNY mempunyai komitmen bersama untuk meningkatkan mutu layanan Tridharma Perguruan Ting- gi, tidak saja dalam tataran nasional, tetapi juga di kancah regional dan internasio- nal. UNY menargetkan bahwa pada tahun 2019 unggul di ASEAN (peringkat 75 QS ASEAN) tahun 2021 unggul di Asia (peringkat 300 QS ASIA), dan tahun 2025 unggul di tingkat dunia (peringkat 1000 QS WUR)

 

Oleh karena itu, tidak berlebihan jika dies natalis ini hendak mengatakan bahwa, UNY senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan inovasi pendidikan untuk Indonesia. Tujuan akhirnya, tak lain dan tak bukan, untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa atas Indonesia yang berdaulat, terhormat, dan disegani di mata dunia, dengan cara pencerdasan atas kehidupan setiap insan bangsanya.

 

Karena lagi-lagi, Pendidikan adalah investasi peradaban. Kalimat ini menandakan betapa pentingnya pendidikan dalam membangun sendi-sendi peradaban sebuah bangsa. Bisa dikatakan, tanpa pendidikan, sebuah negara akan lemah, bahkan dapat hancur. Itu kenapa tiap bangsa, termasuk Indonesia, telah menyusun sedemikian rupa konsep strategisnya guna memperkuat landasan filosofis pendidikan dalam rangka menyiapkan generasi penerus yang cendekia.

 

UNY, harus hadir untuk menguatkan bangsa lewat pendidikan. Serta dengan menata diri sebagai Universitas kependidikan yang unggul, kreatif, dan inovatif, berlandaskan nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan.

 

What’s Next?

 

Rencana Strategis 2020-2024 disusun untuk melanjutkan pencapaian-pencapaian tersebut. Menapaki tangga World Class University sesuai Rencana Strategis universitas, juga sangat penting untuk mengokohkan fondasi praktis UNY dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejauh ini, UNY telah menetapkan asa untuk bertransformasi dari statusnya hari ini sebagai Badan Layanan Umum (BLU), menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) sesegera mungkin. Paling tidak di tahun 2020 dan 2021, dan kembali memacu diri untuk masuk sebagai Universitas Kluster 1

 

Target terdekat ada di tahun 2021. UNY memiliki kehendak untuk masuk dalam peringkat 750 dunia dan 250 Asia versi QS. Puncaknya pada tahun 2025, UNY dapat dengan mantap menempatkan diri di peringkat 500 dunia versi QS. Oleh karena itu, peningkatan publikasi internasional dan kualitas akademik di segala lini tak bisa terelakkan. Rencana Strategis 2020-2024 harus jadi kompas institusi kita mengarungi pengabdian di jagat pendidikan.

 

Semoga Allah Swt. menuntun perjalanan UNY ke depan dalam mengawal peradaban baru Indonesia yang sejahtera, maju, dan berdaulat. Aamiin. Aamiin. Amiin.

 

No Responses

Leave a Reply