Home LAPORAN UTAMA Sumaryanto Penjaga Gawang “Dekan” Baru FIK

Sumaryanto Penjaga Gawang “Dekan” Baru FIK

154
0

 

 

 “Profesor paling aktif mendedikasikan di dunia kampus, Sumaryanto berkontribusi kembali di dekanat. Ia terpilih sebagai Dekan FIK periode 2019-2023. Mengusung jargon SPORTIF”

 

Lebih dari satu dekade Sumaryanto berpikirah di jajaran birokrasi. Ia pernah dipercaya sebagai staf ahli Pembantu Rektor III selama tiga tahun. Berlanjut menjadi Dekan FIK dua periode (2003-2007 dan 2007-2011). Sukses di dekanat ia naik tangga di rektorat—terpilih menjadi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan (2012-2016). Sampai sekarang, ia masih langgeng di posisi itu: mendampingi para mahasiswa untuk menggayung prestasi di pelbagai bidang. Rekam jejak prestasi itulah yang mendorong Sumaryanto mengabdi lagi di dekanat. Suara senat fakultas jatuh di pundaknya. Sumaryanto, Dekan FIK, periode 2019-2023.

 

Dalam dokumen tertulis pencalonannya sebagai dekan, Sumaryanto menulis, “Berbagai pengalaman manajerial tersebut banyak memberikan wawasan dan relasi untuk mencalonkan diri menjadi Dekan FIK periode 2019- 2023. Sebagai penjabaran dan tanggung jawab pengalaman dan amanah yang diberikan kepada saya, kiranya saya harus mewujudkan dan mencanangkan visi dan arah pengembangan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY selama empat tahun ke depan.”

 

Sumaryanto punya jargon khas dunia olahraga: SPORTIF. Lewat sportivitas, ia hendak mengusung FIK menjadi jawara di level internasional. Itu kenapa, bagi profesor Filsafat Olahraga ini, Sumaryanto menjelaskan pentingnya visi-misi. Menurutnya, tiap pemimpin niscaya membawa visi-misi. Tanpa itu arah gerak sebuah organisasi, khususnya fakultas, bisa bias arah. “Untuk mewujudkan sebuah visi, seorang pemimpin harus mewujudkan langkah- langkah menuju sasaran yang hendak dicapai dengan berbagai misi yang harus dilaksanakan,” tulisnya.

 

Orang nomor satu di FIK ini mengusung visi “Mewujudkan Pendidikan Jasmani, Ilmu Keolahragaan dan Pendidikan Kepelatihan yang Kompetitif dan Inovatif di tingkat ASEAN”. Agar visi mencapai tepat sasaran, Sumaryanto menjabarkan enam misi. Pertama, menyelenggarakan kegiatan akademik yang berkualitas sesuai dengan perkembangan era dan teknologi. Kedua, melakukan penelitian dan program pengabdian masyarakat yang inovatif dan berkualitas. Ketiga, peningkatan kualitas pengajar/ dosen, sarana prasarana pendukung, dan tenaga kependidikan yang sesuai perkembangan era.

 

Keempat, meningkatkan prestasi mahasiswa baik dalam olahraga, penalaran, keriwausahaan, minat khusus, dan sebagainya. Kelima, meningkatkan kualitas publikasi karya akademik. Keenam, menguatkan dan meningkatkan sumber daya, pengelolaan lembaga, kerjasama, dan networkingdengan institusi dalam dan luar negeri.

 

Saat ditanya akronim jargon yang Sumaryanto usung, ia dengan semangat mengatakan, “Sportif itu penjabaran dari singkatan Simpatik, Profesional, Optimis, Rasional, Takwa, Inovatif, dan Futuristis. Civitas akademika Fakultas Ilmu Keolahragaan diharapkan memiliki nilai dan semangat juang SPORTIF yang nantinya akan semakin mendukung visi misi FIK maupun UNY secara umum.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here