Home LAPORAN UTAMA Setyo Budi Takarina, M.Pd.: Biro AKK Makin Baik dan Eksis!

Setyo Budi Takarina, M.Pd.: Biro AKK Makin Baik dan Eksis!

139
0

Wawancara Khusus

Setyo Budi Takarina, M.Pd.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama UNY

 

Biro AKK Makin Baik dan Eksis!

 

UNY memiliki dua biro. OTK baru mentransformasi wajah salah satu biro, yang kini berganti nomenklatur menjadi Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama.

 

Kepada Redaktur Pewara Dinamika, Ilham Dary Athallah, Setyo Budi Takarina, M.Pd di ruangannya mengisahkan bagaimana perubahan yang terjadi di biro yang ia pimpin. Sekaligus, harapan beliau dari adanya perubahan tersebut agar lebih baik sekaligus eksis bagi kehidupan civitas kampus yang membutuhkan fasilitas pelayanan.

 

Apa yang berubah dari Biro yang bapak pimpin?

 

Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (BAKK) pada OTK sebelumnya, yaitu Permendiknas RI Nomor 23 Tahun 2011 bernama BAKI (Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Informasi). Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Yoygakarta, dinyatakan kita berubah. Menjadi Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama (BAKK)

 

Berubahnya nama, berarti berubahnya tugas kita. Yaitu melaksanakan pelayanan di bidang akademik, kemahasiswaan dan alumni, kerja sama, dan hubungan masyarakat.

 

Selain perubahan nama dan tugas besar?

 

Kita juga melahirkan bagian baru. Yaitu bagian kerjasama dan hubungan masyarakat. Isinya ada dua subbagian: yaitu 1) subbagian kerjasama, yang dulu kantor internasional dan dikelola Wakil Rektor IV, dan 2) subbagian humas dan layanan publik, yang isinya tugas bagian informasi.

 

Subbag Humas dan Layanan Publik juga bertugas pada kehumasan, pelayanan publik, dan keprotokolan. Layanan publik meliputi pengelolaan unit layanan terpadu dan pengelolaan data dan informasi yg lebih mengarah pada keterbukaan informasi publik, layanan informasi baik langsung maupun tdk langsung (online, medsos).

 

Subbag Humas ini dulunya belum ada. Dulu ada kantor humas, langsung dibawah rektor. Sekarang diinstitusionalisasi dengan sumber daya struktural yang lebih terintegrasi, karena kebutuhan humas makin komleks juga.

 

Ada berapa bagian dari Biro AKK?

 

Tiga bagian: bagian akademik dan registrasi, kemahasiswaan, dan kerjasama dan hubungan masyarakat. Secara keseluruhan kita menyelenggarakan fungsi terkait pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, akademik, data dan statistik, urusan kerja sama dan hubungan masyarakat serta layanan publik.

 

Spesifiknya, Bagian Akademik dan Registrasi mempunyai tugas melaksanakan layanan dan evaluasi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pengelolaan sarana akademik, registrasi dan pengelolaan data mahasiswa, dan penyusunan statistik akademik.

 

Bagian Kemahasiswaan mempunyai tugas melaksanakan layanan pembinaan minat, bakat, penalaran, dan kesejahteraan mahasiswa, serta pengelolaan data dan fasilitasi kegiatan alumni.

 

Bagian Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan layanan kerja sama, hubungan masyarakat, dan layanan publik.

 

Apa harapan bapak dengan adanya perubahan OTK?

 

Kami punya visi, misi, dan tujuan. Visi BAKK, menjadi unit pelaksana yang handal di bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan serta menjalin kerja sama dan hubungan masyarakat yang mampu menunjang pembangunan dan pengembangan Universitas Negeri Yogyakarta menjadi universitas kependidikan kelas dunia.

 

Misinya: 1) Menyelenggarakan layanan akademik yang berkualitas dan profesional bagi masyarakat belajar di dalam maupun di luar kampus, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi. 2) Menyelenggarakan layanan kemahasiswaan yang berkualitas dan profesional dalam rangka peningkatkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai penunjang kegiatan kurikuler. 3)  Menyelenggarakan layanan kerja sama dan hubungan masyarakat yang berkualitas dan profesional, serta mengoptimalkan jaringan kerja sama di berbagai lembaga, institusi atau badan lainnya.

 

Dan tujuan kita: 1) Peningkatan kualitas dan profesionalitas pelaksana administrasi  pendidikan  dan evaluasi, registrasi dan statistik, sarana pendidikan, dan kerja sama dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi. 2) Peningkatan kualitas dan profesionalitas pelaksana administrasi kemahasiswaan yang meliputi bidang minat, penalaran, dan informasi kemahasiswaan, serta layanan kesejahteraan mahasiswa dalam rangka menunjang aktivitas mahasiswa pada kegiatan ekstrakurikuler  sebagai penunjang kegiatan kurikuler. 3) Peningkatan kualitas dan profesionalitas layanan kerja sama serta hubungan masyarakat dalam rangka peningkatan dan pengembangan UNY.

 

Dengan perubahan OTK ini kami berharap kehumasan, promosi, dan keprotokolan yg sdh berjalan menjadi semakin baik dan tertata lagi. Dan Unit Layanan Terpadu (ULT) semakin eksis dan mampu melayani masyarakat/publik secara maksimal. Biro AKK secara keseluruhan juga saya harapkan hal yang sama: semakin baik, tertata, eksis, dan melayani civitas!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here