Dengan dada yang bergemuruh karena rasa bangga dan suka cita, bulanini saya menyambut kedatangan keluarga baru Universitas Negeri Yogyakarta. Izinkan saya mengucapkan “Selamat Datang” kepada9.256 generasi muda Indonesia yang terpilih untuk menjadi  bagian dari kampus yang memiliki tradisi Prestasi Tiada Henti.

UNY memiliki sejarah panjang. Anak-anak bangsa terbaik menyumbangkan dan mengembangkan UNY sedemikian rupa hingga pada 2007 dinyatakan layak menjadi kampus kelas dunia (world class university).  Dengan visi “menjadi universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian,dan kecendekiaan pada tahun2025”,UNY memiliki misi, salah satunya, menjadikan lulusannya sebagai manusia yang takwa,mandiri, dan cendekia.

 

Penelitian dilakukan untuk menemukan, mengembangkan,  dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang menyejahterakan individu dan masyarakat, mendukung pembangunan daerah dan nasional, serta memberi sumbangan terhadap pemecahan masalah global. Pengabdian dan pember­daya­an masyarakat secara kreatif dan inovatif senantiasa dilakukan untuk mendorong pengembangan potensi manusia, masyarakat, dan alam untuk mewujudkan kese­jahteraan masyarakat.

Dengan visi tersebut pula, keluarga besar UNY terus mewujudkan program dan kegiatan riil. Perkembangan digital di era Revolusi Industri4.0 melukiswajah baru dalam masyarakat kita. Perkembangan TI menimbulkan dampak otomatisasi di seluruh bidang,menggabungkan teknologi dan pendekatan baru secara nyata, digital, dan fundamental. Di era society5.0, kita akan dihadapkan kepada tantangan untuk menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik.

Mahasiswabarudi era RI 4.0 juga tidak cukup hanya menjadi mahasiswa biasa. Jadilah mahasiswa yang unggul. Persaingan global telah terbuka sehingga para mahasiswa harusbersaing dalam kancah dunia yang bersifat regional dan global. Dengan mempunyai keunggulan komparatif, mahasiswa akan mempunyai nilai tambah dalam persaingan tersebut. Untuk mewujudkan itu, UNY memberikan kesempatandan mendukung sepenuhnya. Dukungan yang memadahi tidak hanya di waktu perkuliahan, tapi juga melalui pusat kegiatan mahasiswa, baik dalam kegiatan penalaran, olahraga, seni, dan bidang khusus lain.

 

Di samping itu, dalam era RI 4.0 mahasiswa harus mewaspadai masuknya nilai-nilai budaya asing yang mungkin kurang sesuai dengan nilai normatifmasyarakat kita. Sebagai mahasiswa, Anda dituntut dapat menyaring pengaruh budaya dan nilai normatiftersebut. Oleh karena itu, Anda perlu memahamidanmengamalkan Pancasila sebagai landasan ideologis bangsa Indonesia dengan menilik kembali nilai normarif yang terkandung di dalamnya.

 

Kedatangan Anda di UNY adalah harapan baru bagi Indonesia. Kedatangan Anda di UNY adalah sebuah harapanakan bertambahnya aktor perubahan bagi Indonesia yang lebih maju dan gemilang. Kedatangan Anda di UNY adalah wujud doa dan harapan orangtua dari berbagai kalangan, dari berbagai sudut negeri akan masa depan yang lebih baik dengan pendidikan.

Saya mengajak Anda semua mengarungi dunia tanpa rasa takut ataupun cemas. Kami akan menyiapkan Anda menjadi pribadi-pribadi yang matang dengan mengasah softskillmaupun hardskill, mengembangkan keilmuan dengan penelitian, dan berdedikasi tinggi melalui pengabdian. Untuk negeri yang satu:Indonesia.

Mulai hari ini dan seterusnya, Anda akan menjadi bagian dari kami. Tidak ada lagi engkau dan aku, tetapi kita. Kita yang bersama-sama memiliki keinginan untuk menjadi manusia Indonesia yang unggul secara intelektual, afektif, spiritual, dan sosial. Kita yang bersama-sama memiliki keinginan untuk menumbuhkan kreativitas tanpa batas. Kita yang bersama-sama memiliki keinginan untuk menciptakan inovasi-inovasi tiada bertepi.

May the force be with you!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here