Penanaman karakter di dunia pendidikan di masa modern ini penting dipadupadankan dengan nilai kearifan lokal, seiring perkembangan dunia menuju era Society 5.0. Di era tersebut nantinya, tidak hanya banyak pekerjaan yang digantikan oleh teknologi. Namun, interaksi manusia juga akan berubah secara holistik akibat adanya jembatan fasilitas berbasis digital dan kecerdasan buatan. Inilah yang menjadi latar belakang kearifan lokal har- us dipadukan dengan kualitas pendidikan yang mengakomodasi kebutuhan modern. DiUNY,haltersebutberpengaruhpadaca- paian-capaian tingkat nasional hingga in- ternasional. Termasuk menghadirkan pen- didikan berkualitas lewat cara mencetak program studi yang diakui dunia.

Rapat Kerja yang dilaksanakan bulan Desember ini merangkum capaian UNY se- lama satu tahun 2020. Berdasarkan Grand Design World Class University, UNY di tahun 2020 menjalankan tema kerja Re- source Strengthening and Utilization le- wat program peningkatan kerja sama in- ternasional, pengajuan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), dan ter- us melaju menuju Universitas Kependidi- kan Kelas Dunia (menurut indikator pe- meringkatan tingkat internasional).

Jumlah program studi terakreditasi internasional meningkat pesat sejak ta- hun 2016 hingga 2020. Pada periode 2020 tercatat sejumlah 8 prodi sedang pro- ses akreditasi dan 39 prodi telah menda- patkan sertifikat internasional. Lembaga

yang memberikan akreditasi berasal dari berbagai belahan dunia, mulai dari Lemba- ga ASIIN (Accreditation Agency for degree Programs in Enginering, Informatics/Com- puter Science, the Natural Sciences and Mathematics), ASIC (Accreditation for In- ternational Schools, Colleges, and Uni- versities), dan AUN-QA AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance). Selain ASIIN, ASIC, dan AUN-QA, UNY juga telah melakukan proses persiapan untuk mengikuti sertifikasi program studi AQAS (Agency for Quality Assurance through the Accreditation of Study Programs).

Selaras dengan kebijakan Kemendik- bud tentang akreditasi internasional, berbagai upaya serius dilakukan untuk mendorong prodi-prodi untuk mengikuti akreditasi internasional. Prodi-prodi ter- akreditasi B yang potensial didorong un- tuk mengikuti akreditasi ASIIN (untuk ilmu-ilmu eksak) dan AQAS (untuk ilmu sosial humaniora). Langkah tersebut diir- ingi berbagai capaian UNY tingkat inter- nasional. Capaian ini penting untuk meng- hadirkan pendidikan yang diakui secara internasional. Dihitung sebagai poin per- timbangan dalam menetapkan suatu pro- gram pendidikan sudah layak berkancah di tingkat dunia.

Di tingkat universitas, kinerja mem- banggakan dalam tataran nasional disabet UNY dengan menduduki Klaster 1 pering- kat 12 Perguruan Tinggi Negeri Kemen- terian Pendidikan dan Kebudayaan, ser- ta pada posisi 3 Penganggaran PTN Badan Layanan Umum (BLU). Di tingkat interna-

sional masuk sebagai Top 10 Universities in Southeast Asia versi UniRank, pering- kat 22 versi Webometric, peringkat 5 ver- si 4ICU, peringkat 85 versi QS ASEAN, per- ingkat 301+ WCU, dan peringkat 451+ dalam QS Asia. Sebanyak 52 dari 76 jurnal UNY telah terindeks SINTA (Science and Tech- nology Index), dengan 2.240 dokumen di- antaranya mendapat indeks Scopus.

Pengembangan kemahasiswaan dan sarana prasarana juga tak kalah pesat. Ada 486 mahasiswa berprestasi pada ta- hun 2020 dengan 154 diantaranya meraih penghargaan tingkat internasional. Sejum- lah 330 mahasiswa juga mendirikan start- up dan berwirausaha. Didukung dengan indeks kepuasan terhadap fasilitas kema- hasiswaan mencapai 4,5 (skala 1-5).

Ada empat arah kebijakan yang men- jadi fokus UNY untuk menunjang capaian kelas dunia: menjadi rujukan mutu pendi- dikan, menumbuhkan kreatifitas dan ino- vasi, meningkatkan daya saing mahasiswa, dan meningkatkan reputasi akademik. Fok- us itu diterjemahkan dalam program-pro- gram konkrit. Seperti meningkatkan jum- lah guru besar, doktor, meningkatkan layanan berbasis IT di kampus, hingga mempublikasikan lebih banyak karya ju- rnal.

Inilah komitmen UNY menuju kelas dunia. Melalui program dan darma untuk terus berinovasi, kami berharap hasil pek- erjaan di tahun 2020 dapat berkontribusi untuk target jangka panjang sesuai visi mi- si UNY: menjadi universitas kependidikan berkelas dunia di tahun 2025.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here