Home LAPORAN UTAMA Sesuai Target, UNY Masuk 5 Besar PIMNAS 31 

Sesuai Target, UNY Masuk 5 Besar PIMNAS 31 

265
0

Oleh: Rony K. Pratama

Editor: Budi Mulyono

“Kado milad Sutrisna ke-59 sungguh membanggakan. UNY diumumkan masuk peringkat lima PIMNAS. Prestasi ini naik lima tingkat dari rangking sepuluh pada 2017. Tahun depan ditargetkan tiga besar”

Medio tahun 2018 UNY ketiban hoki. Mulanya hanya sepercik harapan untuk masuk sepuluh-tujuh besar PIMNAS. Namun, kenyataannya justru di luar ekspektasi. UNY Juara 5 PIMNAS. Tahun lalu UNY menempati urutan ke-10. Naik signifikan menjadi peringkat lima membuat Sutrisna Wibawa, Rektor UNY, bersyukur karena warta itu juga menjadi kado ulang tahunnya ke-59.

Menurut Sutrisna, tahun 2018 UNY lolos 15 tim lintas bidang PKM. Jumlah itu dikatakan terbanyak dalam sejarah sepanjang UNY mengikuti aktif kompetisi PIMNAS. Sebelum diumumkan, orang nomor satu di di pucuk kepemimpinan itu sudah memprediksi UNY akan masuk lima besar. Dugaan itu bukan isapan jempol setelah panitia membeberkan hasil kompetisi.

Torehan prestasi tim UNY di PIMNAS begitu fantastis. Meraih tiga medali setara emas (satu poster dan dua presentasi), empat medali setara perak (dua presentasi dan dua poster), dan dua medali setara perunggu (kategori poster) cukup membuat civitas akademia UNY senyum sumringah. “Perolehan hasil PIMNAS ini merupakan anugerah tapi juga sekaligus tantangan,” ucap Sutrusna.

Kerja keras dan cerdas antarelemen merupakan kunci utama keberhasilan UNY di PIMNAS. Pendamping atau pembimbing PIMNAS dinyatakan Sutrisna sebagai pihak yang turut berkontribusi besar atas prestasi itu. Bila melihat lima besar pemenang PIMNAS, UNY merupakan satu-satunya LPTK yang bisa bersaing dengan universitas terkemuka lain seperti UGM, UB, UNDIP, dan UI.

Peringkat ke-5 diharapkan melejit di tahun mendatang. Sutrisna akan mengerahkan tenaga dan kerja sama kepada semua elemen guna mendorong tim UNY untuk sukses PIMNAS di tahun 2019. “Semoga bisa naik peringkat lagi. Setidaknya tetap bertahan. Tapi kami tetap berusaha untuk meningkatkan perolehan rangking di tahun mendatang,” ujarnya.

Sumaryanto, Wakil Rektor III, menandaskan perolehan lima besar PIMNAS 2018 cukup membanggakan. Menurutnya, tahun lalu UNY mencapai peringkat sepuluh. “Kalau tahun ini jadi lima besar, berarti naik lima poin itu berarti hasil yang sangat baik,” jelasnya.

UNY menyumbangkan tujuh kategori PKM seperti PKM-PE (Penelitian Eksata), PKM-SH (Sosial Humaniora), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian kepada Masyarakat), PKM-PT (Penerapan Teknologi), PKM-KC (Karsa Cipta), dan PKM-GT (Gagasan Tertulis). Tiap tim PKM UNY terdiri atas tiga sampai lima anggota, baik perfakultas maupun lintas fakultas.

Salah seorang pembimbing PKM UNY, Pujianto, Dosen FMIPA, berharap agar tahun mendatang UNY bisa masuk tiga besar. “Target kami tahun depan bisa masuk tiga besar. Ini sangat mungkin selama keuletan dan sinergi antarmahasiswa dan pembimbing berjalan dengan baik. Tidak ada yang tidak mungkin,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here