Selamat berjumpa kembali pembaca Pewara Dinamika yang budiman. Padatnya aktivitas dan rutinitas kampus tak lantas menyurutkan semangat kami untuk hadir dan menyapa sidang pembaca. Merupakan kehormatan bagi tim redaksi untuk selalu bisa menyuguhkan tema-tema menarik seputar dinamika Kampus Karangmalang setiap bulannya, untuk dinikmati oleh Anda sekalian.

 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) mewarnai laporan bulan Maret dengan peluncuran tiga program studi (prodi) S1 anyar: Teknik Manufaktur, Teknik Elektronika, dan Teknologi Informasi.

Kesemuanya berdiri di bawah satu payung besar Teknik Murni, di mana, berbeda dengan prodi-prodi yang memiliki embel-embel pendidikan, ketiga prodi ini tidak memuat materi pedagogik kependidikan. Titik fokusnya akan berpusat pada bagaimana para mahasiswa prodi teknik murni ini menciptakan sesuatu dengan ilmu teknik; bukan bagaimana mengajarkan kembali ilmu teknik tersebut kepada calon murid-muridnya di sekolah kejuruan. Ketiga prodi teknik murni Strata 1 ini juga memiliki perbedaan distingtif dengan teknik murni pada jenjang D3, yang lebih menitikberatkan pada kemampuan vokasional, bagaimana mempraktikkan ilmu teknik yang didapat di lapangan.

Perubahan zaman, sekaligus tuntutan disrupsi yang menggulung di era baru ini mendesak FT UNY untuk terus berinovasi dengan menelurkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Adanya permintaan pasar, antisipasi masyarakat terhadap program studi baru, sekaligus kebutuhan tenaga kerja dan kondisi ekonomi masa kini membuat ketiga prodi baru ini lahir. Terutama, setelah memperhatikan dan menilik ke belakang, bahwa jebolan Kampus Jingga yang ternyata cukup banyak yang tidak menjadi guru, dan justru terserap di industri. Program studi berlatarbelakang teknik murni kemudian ditengarai menjadi penting untuk menghasilkan lulusan yang tak hanya menguasai bidang pendidikan teknik, tetapi juga memahami ilmu dasar perteknikan, sehingga tingkat kompetensi di berbagai bidang dapat tercapai.

Asa mulia FT UNY dalam melakukan inovasi pendidikan turut menggandeng rubrik-rubrik lain dalam edisi kali ini. Warta seputar kegiatan kampus, serta prestasi mahasiswa sebulan terakhir muncul dalam rubrik Berita; Surat Pembaca senantiasa mewadahi curahan hati civitas akademika; rubrik Tips hadir memberikan selentingan menarik yang patut disimak; sementara Bina Rohani menawarkan renungan spiritualis sebagai sempalan apik; Resensi, Cerpen, Puisi, serta Pojok Gelitik menjadi pilihan-pilihan hiburan artistik bagi pembaca. Tak lupa, rubrik Opini menghadirkan pemikiran ciamik yang menggelitik. Selamat melahap suguhan warta dari dapur redaksi kami. Tabik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here