Sosoknya tak asing bagi civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta. Perangainya murah senyum, ramah kepada siapa saja, bahkan acap menyapa terlebih dahulu saat papasan di sekitar kampus

Bagi jamak orang, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO ini dikenal luas sangat njawani. Lebih banyak memakai bahasa Jawa halus yang kerap membuat mitra tuturnya merasa pakewuh. Karakter khasnya ini tak jauh berbeda dengan orang Yogya kebanyakan. Benar, Pak Yanto, panggilan akrabnya, lahir pada 1 Maret 1965 dan berkarier sepenuhnya di bumi Mataram.

Guru Besar bidang Filsafat Pendidikan Jasmani dan Olahraga ini tinggal di Condongcatur,
Depok, Sleman. Namanya sudah berkibar di UNY sejak menjadi Staf Ahli Pembantu Rektor III selama tiga tahun (1999-2003). Pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebanyak dua kali (2003-2007 dan 2007- 2011) sebelum akhirnya diamanahi sebagai Wakil Rektor III Bidang.

Kemahasiswaan periode 2012- 2019. Terpanggil mengabdi sebagai dekan, tahun 2019 ia memutuskan kembali ke fakultas. Lalu, tahun 2020 mengikuti bursa pemilihan Rektor UNY dan dinyatakan terpilih sejak Januari 2021. Di sela-sela itu, Sumaryanto menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) DIY dan Penanggung Jawab Covid-19 Crisis Center (C3) UNY. Ia juga mewakafkan waktunya untuk bidang sosial-budaya di masyarakat. Misalnya, pengurus Seni Ketoprak (AKRAP Budaya), pengurus Kuda Lumping (Akrap Yuda Tama), Pengurus Kelompok Pemuda (GOSE dan AGRIBNO), dan unit-unit lainnya.

Paling baru, sejak 2006 Sumaryanto telah melakukan penelitian sebanyak 29 kali, baik individu maupun kelompok. Antara lain Direktori dan Pemetaan Industri Olahraga, Pemetaan Cabang Olahraga Unggulan UNY pada Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNAS), Sport Development Index di DIY, Nilai-Nilai Esensial Olahraga dalam Kontribusinya Membentuk Karakter, dan Profile Physical, Skill, and Sportive Conditions of Teenage
Football Elite, Non-Elite Players (Comparative Study of Young Soccer Players).

selengkapnya baca di majalah pewara edisi januari 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here