Home LAPORAN UTAMA memperingati Sumpah Pemuda

memperingati Sumpah Pemuda

32
0

PENA REDAKSI EDISI OKTOBER

Selamat berjumpa kembali pembaca Pewara Dinamika yang budiman. Padatnya aktivitas pendidikan di tengah semester gasal selalu membuat mahasiswa merasa terpacu, baik karena tugas menumpuk yang menuntut segera diusaikan maupun sederet kesibukan di luar ruang kuliah. Suntikan energi dari mahasiswa memotivasi tim redaksi Pewara Dinamika untuk turut menggelorakan semangat, khususnya dalam memperingati Sumpah Pemuda pada edisi Oktober kali ini.

Pemuda Indonesia, yang kini punya julukan baru sebagai Kaum Milenial, tidak begitu saja beroleh kemerdekaan berekspresi. Ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 silam menjadi tonggak kemajuan gerakan kepemudaan. Setelah melampaui sejarah panjang, akhirnya tercapailah Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 bertema “Bersatu Kita Maju”. Seluruh elemen diajak untuk merefleksikan, mengapresiasi, dan memberikan ruang bagi pemuda untuk membangun cita- cita Indonesia masa depan.

Sajian laporan utama turut merayakan Oktober sebagai Bulan Bahasa sekaligus menguraikan tantangan para pemuda kekinian yang dimulai dari faktor paling dasar: berbahasa. Pemuda Indonesia dihadapkan pada maraknya penggunaan bahasa Milenial dalam media sosial juga lingkup sosial. Lewat momen Sumpah Pemuda, mahasiswa mendapat pengingat untuk dapat menyelisik kembali roh bertumpah darah, berbangsa, dan berbahasa yang satu: Indonesia.

Masih pada bulan Oktober, Indonesia menyambut kepemimpinan menteri baru yang dihadapkan pada prioritas pembangunan baru. Adalah sosok Nadiem Makarim, mentri termuda Kabinet Kerja jilid II yang siap berkarya di tengah-tengah generasi muda, mengemban tugas menjaga kelangsungan hidup pendidikan dalam lingkup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengangkatan Nadiem Makarim membuktikan bahwa dalam usia muda, pengabdian tetap mampu dipersembahkannya untuk bangsa

UNY siap mendukung kebijakan-kebijakan baru dalam skala pendidikan sekaligus mendukung perbaikan dan peningkatan keunggulan bangsa lewat pendidikan yang berpegang teguh terhada budaya. Suport tersebut redaksi Pewara Dinamika jabarkan melalui rubrik lain berisi sajian seputar pemuda UNY dan capaian prestasi para mahasiswa dalam mengisi kemerdekaan pada edisi Sumpah Pemuda, Oktober 2019. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Asal kita berani melangkah, kita tak akan pernah kalah!

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here