Home LAPORAN UTAMA Kehadiran UNY di Semanu Diharapkan Masyarakat

Kehadiran UNY di Semanu Diharapkan Masyarakat

133
0

Kehadiran UNY di Semanu Diharapkan Masyarakat

 

Camat Semanu Huntoro PW SH mengusulkan kepada bupati agar kampus-kampus yang masuk ke Gunungkidul ditempatkan di Kecamatan Semanu. Selain masih banyak areal yang luas, Kecamatan Semanu merupakan kecamatan yang langsung berdekatan dengan Kota Wonosari. Jika perguruan tinggi menemoat di Semanu sangat strategis dan realistis.

 

Sekarang, kata Huntoro, sudah ada Sekolah Lapangan dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) di Desa Pacarejo. Ada informasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan masuk juga. “Kami berharap UNY masuk di Kecamatan Semanu,” kata Camat Semanu H Huntoro PW SH dalam musyawarah rencana pembanguunan (Musrenbang) Kecamatan Semanu, Senin (28/1) lalu.

 

Hadir dalm musrenbang Bupati Gunungkidul H Badingah Ssos, Ketua Bappedda Sri Suhartanta SIP Msi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyrakat dan Desa (DP3AKBPMD) Sujoko Msi dan sejumlah pejabat lain.

 

Ungkapan Huntoro tersebut mewakili harapan masyarakat yang pada umumnya antusias memperoleh informasi bahwa UNY akan memiliki lokal kampus baru di Semanu. Bahron Rosyid S.Pd., M.M dalam agenda serupa juga menyatakan bahwa keberadaan UNY dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) warga Gunungkidul. Sedangkan Kepala UPT Sanggar Kegiatan Belajar Disdikpora Gunungkidul Suharjiya, mengungkapkan keberadaan kampus akan memudahkan Lembaga Pendidikan berkolaborasi dengan kampus untuk menyediakan Pendidikan berkualitas.

 

“Berdirinya Universitas Negeri di Gunungkidul diharapkan dapat memenuhi aspirasi

masyarakat dan akan semakin banyak lulusan pendidikan menengah melanjutkan ke

Perguruan Tinggi,” kata Bahrun dan Suharjiya senada.

 

Sementara dalam tanggapannya Bupati Gunungkidul Hj Badingah Ssos memberikan apresiasi terlaksananya musrrenbang di Kecamatan Semanu. Sekaligus Semanu sudah membuktikan banyak membangun destinasi wisata sesuai dengan visi misi bupati. Soal pendirian kampus di Semanubupati berjanji akan membahas dengan pihak universitas, DPRD dan OPD terkait. “Pastinya hasil musrenbang ini harus mencerminkan harapan masyarakat,” tambahnya.

 

Staf Ahli Bupati Bidang Sosial Kemsyarakatan, Siti Isnaini Dekoningrum SH Msi, menambahkan bahwa pemerintah sudah memproses seluruh surat-surat yang berkaitan dengan pendirian vokasi UNY di Gunungkidul. Surat sudah dikirim ke DPRD dan hibah telah dilakukan.

 

Sembari proses administrasi tersebut berjalan, UNY bergerak cepat lewat mengirimkan tim untuk melakukan analisis, jurusan dan juga sosialisasi masyarakat. Analisis diperlukan untuk menentukan jurusan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Meskipun belum final, pilihan jurusan kemungkinan agribisnis, pariwisata dan tata boga. Tiga jurusan ini relevan dengan kondisi masyarakat Gunungkidul yang agraris, dan juga sedang terjadi boomingpariwisata.

“Tata boga jurusan yang tepat untuk mengembangkan potensi masyarakat dalam menyiapkan kuliner untuk wisatawan, khususnya dan masyarakat pada umumnya,” tambahnya.

 

Sementara itu, penyiapan masyarakat untuk sekolah di pendidikan vokasi di Gunungkidul sedang berlangsung. Harapannya ketika dibuka pendaftaran masyarakat sudah memahami gambaran jurusan vokasi yang dilaksanakan UNY. Sosialisasi ini tidak hanya untuk masyarakat Gunungkidul, termasuk beberapa kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Gunungkidul seperti Wonogiri, Sukoharjo, Klaten dan sekitarnya.

 

“Artinya pendidikan vokasi dii Gunungkidul tidak hanya untuk masyarakat Gunungkidul tetapi masyarakat lain yang ingin memilih pendidikan vokasi. Dampaknya, ekonomi di Semanu akan maju. Ada kos-kosan, ada tempat makan, ada warga Gunungkidul yang sekolah dan kerja di UNY, dan ada dagangan untuk mahasiswa,” jelasnya.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here