Home LAPORAN UTAMA Januari 2017 – Status Baru, Semangat Baru

Januari 2017 – Status Baru, Semangat Baru

177
0

Regulasi dan mutasi pejabat serta staf tenaga kependidikan menjadi salah satu agenda tahunan untuk memberikan suasana berbeda tiap tahunnya. Di tahun yang baru pula, semangat perbaikan yang tertuang dalam hasil akreditasi menjadi pemacu program studi untuk terus berprestasi.

Mengawali tahun baru 2017, rektor  UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M. Pd., M. A. melantik dan mengambil sumpah sejumlah pejabat sekaligus menyerahkan SK mutasi pegawai di lingkungan UNY pada Selasa, 2 Januari 2017. Para pegawai tersebut adalah Abdullah Taman, SE., M.Si, Ak. sebagai  Ketua Satuan Pengawas Internal, Rizka, SH., M.Pd sebagai Kepala Tata Usaha Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Yuyun Farida, M.Biotech sebagai Kepala Tata Usaha Fakultas Ilmu Sosial. Pegawai UNY yang dirotasi berjumlah 54 orang PNS dan 21 orang non PNS.

“Hendaknya hal ini disyukuri sebagai sarana untuk bisa mengembangkan diri” kata Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA. Menurut beliau mutasi adalah penyegaran yang sudah melalui review pimpinan yang terdiri atas promosi, penguatan jabatan dan rotasi. Wakil Rektor II UNY Prof. Edi Purwanta, M.Pd mengemukakan bahwa kebijakan mutasi pegawai di UNY merupakan implementasi Peraturan Rektor Nomor 02 Tahun 2016 yang bertujuan diantaranya menghidari kejenuhan pegawai, mengembangkan bakat minat dan kemampuan pegawai serta memenuhi kebutuhan pegawai unit kerja baru.

Status baru tak hanya diemban oleh para pejabat yang telah dilantik. Beberapa prodi juga mengawali tahun dengan status akreditasi baru. Melalui perjuangan yang menguras tenaga beberapa program studi berhasil memperoleh status “Akreditasi A” dari BAN-PT.

Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika memperoleh akreditasi dengan peringkat “A” berdasarkan SK No. 0824/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016. Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Totok Heru Tri Maryadi, M.Pd., mengungkapkan rasa syukurnya seraya memberikan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah mendukung dan bekerja keras selama proses akreditasi. “Keberhasilan ini menunjukkan kualitas kinerja yang baik dari seluruh elemen Prodi terutama dalam proses belajar mengajar serta pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi”, tutur Totok.

Masih dari fakultas teknik, program studi Pendidikan Otomotif juga berhasil memperoleh akreditasi A. Raihan ini berdasarkan SK no. 0946/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016. Dekan FT UNY, Dr. Widarto mengatakan bahwa dengan segala prestasi yang diraih tim mobil di level nasional serta internasional dimana tim ini sebagian besar didominasi dari Prodi Pendidikan Teknik Otomotif , jelas telah menjadi bukti kualitas prodi ini.

Tak hanya itu, Program Studi Tata Rias dan Kecantikan juga meraih prestasi yang sama setelah Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengeluarkan Surat Keputusan (SK) dengan nomor 0595/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/V/2016 yang berlaku hingga Mei 2021. Widarto menambahkan bahwa selama ini PTBB telah menorehkan prestasi yang luar biasa, “Yang terbaru adalah juara World Costume Festival 2016 di Filipina sedangkan Prodi Tata Rias sendiri telah beberapa kali menorehkan tinta emas di kejuaraan Asean Skill Competition maupun Indonesian Skill Competition. Jadi saya rasa peringkat “A” sangat pantas disematkan pada prodi Tata Rias dan Kecantikan,” ungkapnya.

Sebelumnya perjuangan program studi Magister (S2) Pendidikan Sains pun akhirnya membuahkan hasil. Akhir tahun 2016, BAN PT mengeluarkan SK No. 3052/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2016 unruk meberikan akreditas A kepada prodi tersebut.

Raihan prestasi lain datang dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Awal tahun 2017 ini, FIK UNY menjadi tuan rumah agenda Pertemuan Forum Dekan Keolahragaan Indonesia yang dihadiri beberapa wakil rektor, dekan, wakil dekan, dan ketua jurusan perguruan tinggi keolahragaan di Indonesia. Misalnya saja dari Unimed Medan, UNP Padang, UNJ Jakarta, UNM Makassar, hingga Uncen Jayapura. Acara ini diisi dengan pembahasan kejuaraan LPTK Cup 2017 yang akan diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta pada pertengahan Maret 2017 mendatang. Pada sesi diskusi pembahasan hari kedua, Forum Dekan Keolahragaan membahas nomenklatur Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan narasumber Prof. Dr. Mulyana, M.Pd. dari UNJ Jakarta, Prof. Dr. Adang Suherman, M.A., dari FPOK UPI Bandung, dan Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. dari Unnes Semarang.

Selain dari kalangan dosen, para mahasiswa juga mengadakan beberapa acara sebagai bentuk apresiasi terhadap masing-masing bidang yang ditekuni. Sebagai universitas keguruan, para mahasiswa UNY ini unjuk kebolehan melalui pameran pembelajaran dan festival media dan alat pembelajaran. Mahasiswa Jurusan PLB semester 5 mengadakan Pameran Media Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Dosen pengampu, Ernisa Purwandari, M.Pd., mengungkapkan bahwa tujuan pameran ini adalah agar mahasiswa bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Lewat display pameran ini, dosen bisa memberi masukan mengenai produk tersebut untuk kemudian dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Mahasiswa semester 5 Jurusan Seni Rupa Prodi Pendidikan Kriya, Fakultas Bahasa & Seni (FBS) UNY juga mengadakan pameran hasil karya mereka yang terbuat dari bahan-bahan berupa, logam, kayu, keramik, tembaga,serta kuningan hasil karya mereka. Dalam acara yang dilaksanakan di Museum Pendidikan Indonesia ini, mahasiswa Jurusan Seni Rupa dari Prodi Pendidikan Kriya FBS memamerkan hasil kerajinan mereka baik berupa perhiasan seperti: cincin, kalung, gelang yang rata-rata terbuat dari tembaga atau kuningan, dan ada juga yang terbuat dari filigree, serta beberapa hasil kerajian yang terbuat dari kayu yang berupa meja, kursi, serta beberapa hasil karya lainya.

Di tempat yang sama, program studi sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNY menyelenggarakan Festival Media Dan Alat Pembelajaran. Media pembelajaran yang dibuat mahasiswa meliputi games, aplikasi, website dan ecomedia. Berbagai media pembelajaran dipamerkan dalam kegiatan ini. Diantaranya puzzle intersos, dan puzzle segitiga goyang. Dipamerkan juga rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta bahan ajarnya. Juga dilombakan selfie contest yang diikuti oleh peserta festival.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here