Home Wawancara Khusus Ir. Drajat Ruswandono, MT. (Sekretaris Daerah Gunungkidul) Pemkab Gunungkidul Dukung Penuh Kampus...

Ir. Drajat Ruswandono, MT. (Sekretaris Daerah Gunungkidul) Pemkab Gunungkidul Dukung Penuh Kampus UNY!

89
0

WAWANCARA KHUSUS

Ir. Drajat Ruswandono, MT. – Sekretaris Daerah Gunungkidul

 

Pemkab Gunungkidul Dukung Penuh Kampus UNY!

 

Keberadaan Universitas Negeri Yogyakarta di Semanu adalah permintaan langsung dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Dengan tujuan meningkatkan SDM setempat. Oleh karena itu, Drajat selaku Sekda tegaskan komitmennya: siap dukung penuh kampus UNY!

 

Kepada Redaktur Pewara Dinamika, Ilham Dary Athallah, Ir. Drajat Ruswandono selaku Sekda mengisahkan segala dinamika yang telah dan akan muncul dari pembangunan kampus UNY di Semanu. Termasuk, apa saja yang perlu dilakukan untuk menyukseskan pembangunan kampus. Hal ini disampaikannya di Ruang Sekda pada Rabu (17/12/2019).

 

 

Selayang pandang bapak terhadap rencana pembangunan kampus UNY di Semanu?

 

Dukung penuh, tentunya. Kami akan terus mensupport atau memfasilitasi. Setidaknya untuk koodinirkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Misalnya UKL, UPL, ataupun persyaratan terkait izin lokasi.

 

Dukungan tersebut, kita sama sama selesaikan secara parallel. Kami akan secepatnya merapatkan secara internal di Pemda, untuk Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD), segera mengeluarkan izin sekitar minggu ketiga bulan Januari. Atau berbarengan dengan proses pembangunan.

 

Intinya kita betul-betul concern, dan siapkan langkah realistik untuk menyelesaikan target pembangunan kampus UNY.

 

Saya kira komitmen Pak Rektor juga seperti itu (mendukung kesuksesan pembangunan kampus UNY di Semanu) dan di backup seluruh jajaran. Kami pun juga akan terus mencoba mengomunikasikan dengan Mbak Riska (Kabag Umum UHTP BUPK UNY), untuk masalah perizinan agar segera tuntas. Sehingga nanti tanggal 3 (Februari) itu sudah betul-betul selesai.

 

Kenapa Kampus UNY di Gunungkidul penting untuk Pemkab?

 

Kalau untuk fungsi, aspek-aspek, efek samping, dampak positif, semua (masyarakat Gunungkidul) tidak ada yang tidak setuju. Termasuk Pemda sendiri punya kepentingan untuk bagaimana indeks pembangunan masyarakat Gunungkidul ini jauh kebih baik.

 

Begitu ada UNY, disini secara otomatis IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Gunungkidul akan terangkat. Karena Sleman, Kota (Yogyakarta), Bantul, Kulonprogo, sudah ada kampus. Salah satunya yang bisa mendongkrak nilai IPM itu kan salah satunya kampus jadi ini bagian yang sangat penting sekaligus bahwa aspek wisata itu dari segala sisi termasuk pendidikan itu juga aspek.

 

Kita lihat kalau besok ada mahasiswa wisuda, mahasiswanya di sini pasti keluarganya juga pasti datang kesini. Pasti tidak hanya ke kampus tapi juga ke obyek wisata yang lain. Dan itu juga bagian dari visinya Pak Gubernur 2025 DIY menjadi pusat pendidikan, pusat budaya, daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara jadi visi Pak Rektor punya kampus di Kabupaten Kota ini sangat mendukung dengan visinya Ngarsa Dalem. Kalau yang abad samudra itukan RPJM nya. Tapi visi jangka panjang, DIY jadi pusat budaya dan pendidikan.

 

Begitu pula perkembangan ekonomi. Akan sangat cepat. Pariwisata Sekarang jadi peluang yang sangat luar biasa dan ketika itu dikonkretkan ke dalam bentuk program pariwisata sangat dahsyat. Pariwisata menjadi lokomotif pembangunan yang ada di gunungkidul. Semua sektor sekarang ada bergerak mengikuti arah pariwisata. Pengangguran berkurang, kemiskinan berkurang, tenaga kerja banyak di Gunungkidul.

 

Begitu nanti JLS (jalur lingkar selatan) nyambung Bandara Baru Yogyakarta (YIA), tinggal wait and see. Sekarang tidak ada penggal tanah (tanah dijual) yang dari Baron sampai Indrayanti. Itu hampir 35 km tidak ada yang tidak dimiliki pemuda. Tinggal tunggu waktunya, ada resort, hotel, villa.

 

Pendidikan akan sediakan sumber daya manusia untuk membangun Gunungkidul. Agar kita juga menikmati kekayaan yang dihasilkan dari industri pariwisata.

 

 

Untuk menyukseskan hal tersebut, bagaimana kiat meyakinkan masyarakat?

 

Kita sampaikan. Bahwa proses perijinan UNY itu lebih dari 3 tahun, karena untuk persyaratan AMDAL itu sangat luar biasa. Artinya banyak aspek yang harus dipenuhi UNY. Apalagi UNY ini membangun Gedung, dan tanah di Gunungkidul ini relatif labil.

 

Dan, guyub rukun, among roso, tepo sliro sing masyarakat Gunungkidul sangat luar biasa. Jadi tidak ada (masyarakat) yang tidak setuju. Memang barangkali, ada aktifitas fisik yang belum kita sosialisasikan. Itu perlu diantisipasi.

 

Oleh karena itu, Jangan sampai permisinya masyarakat disini dimaknai istilahnya kita masuk tanpa kulonuwun. Mari masyarakat, sekali lagi, semangat Pak Rektor dan jajaran UNY sangat luar biasa harus kita backupseoptimal mungkin.

 

Jangan sampai target beliau ini lepas akibat ketidak cekatan kami. Jadi kami dan seluruh warga berharap ada kampus di Gunungkidul, kebanggan Gunungkidul yang sangat dahsyat. Karena jelas secara aspek kewilayahan, (masyarakat) Pacitan Wonogiri Ponorogo pasti akan tertarik (dengan keberadaan kampus UNY, lalu ikut berkuliah disini). Suasana Gunungkidul juga sangat mendukung untuk Pendidikan. Masih nyaman, belum hiruk pikuk, belum macet.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here