Home LAPORAN UTAMA Ikut UTBK Tidak Sulit!

Ikut UTBK Tidak Sulit!

50
0

Mulai tahun 2019, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).  UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

 

Untuk mengikuti UTBK, caranya tidak sulit. Berikut Pewara Dinamika merangkum langkah-langkah untuk mendaftar UTBK:

 

LANGKAH-LANGKAH

 

  1. Mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.
  2. Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  3. Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  4. Melakukan login ke laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  5. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

 

JENIS TES

 

  1. Tes Potensi Skolastik

Berisi uji kemampuan kognitif: penalaran, pengetahuan umum, pengetahuan kuantitatif matematika dasar, kemampuan literasi baca tulis

  1. Tes Kompetensi Akademik

Bisa memilih antara Saintek dan/atau Soshum. Berisi konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here